7 Tips Untuk Membiasakan Anak Mengkonsumsi Makanan Sehat

 Info, Tips

7 Tips Untuk Membiasakan Anak Anda Mengkonsumsi Makanan Yang sehat – Menciptakan makanan rumahan yang sehat adalah salah satu langkah penting untuk memastikan kesehatan anak. Untuk memulainya adalah dengan pemilihan menu makanan dan membantu anak agar senang dengan makanan sehat tersebut. Anak-anak akan belajar mengkonsumsi makanan sehat dan pada akhirnya akan terbiasa dengan makanan sehat tersebut.

membuat anak mudah memakan makanan sehat

Berikut ini beberapa tips untuk membiasakan anak-anak Anda mengkonsumsi makanan yang sehat:

1. Jangan membatasi makanan, maksudnya adalah biarkan anak Anda makan sebanyak yang dia senangi dan dia sanggupi. Dengan membatasi makanannya maka anak Anda mungkin saja bisa akan mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia di kemudian hari. Hal ini dapat juga menjadikan anak akan malas makan, jadi saat dia ingin makan biarkan saja dia makan dengan jumlah yang dia inginkan. Selain malas makan kemungkinan lain adalah terjadinya penambahan berat badan yang berlebihan di kemudian hari.

2. Selalu sediakan makanan yang sehat di sekitar anak Anda karena anak-anak akan selalu makan apapun yang ada di sekitarnya. Selalu sediakan buah pada tempat buah di meja makan, jangan menyimpannya di lemari es, jadi biarkan buah tersebut mudah dijangkau oleh anak Anda. Anak-anak akan memilih makanan yang tersedia di sekitarnya jadi batasi stok “junk food” dan “makanan instan” di rumah Anda. Jadi secara tidak langsung anak-anak akan terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat.

3. Jangan pernah melabeli makanan sebagai makanan yang “baik” dan makanan “buruk. Usakan menghubungkan jenis makanan dengan hal-hal yang anak Anda peduli, misalnya makanan apa yang baik untuk dikonsumsi untuk menambah energi dalam menunjang jenis olahraga kegemarannya ataupun aktifitas hobinya, seperti protein pada telur dan kalsium pada susu dapat menunjang kegiatan olahraganya serta prestasi akademik sekolahnya.

4. Berikan pujian saat mereka memilih makanan sehat untuk dikonsumsi, misalnya tersenyum bangga serta mengatakan betapa cerdasnya mereka karena memilih makanan sehat tersebut. Anak-anak akan makin senang dan tentunya semakin kuat untuk sering-sering memilih makanan yang sehat untuk mereka konsumsi.

5. Jangan mengomel saat anak Anda memilih makanan yang tidak sehat. Jika pemilihan makanan tidak sehat sangat jarang terjadi maka abaikan sajalah, jangan mengomel kepada mereka karena itu adalah hal yang wajar terjadi dan jangan terlalu dipermasalahkan. Namun jika anak Anda sudah terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat seperti “junk food” “dan makanan instant”, maka segeralah arahkan untuk memilih makanan yang sehat. Buatlah modifikasi makanan yang sehat tetapi mirip dengan makanan kegemaran mereka. Dengan usaha yang kuat dan konsisten dengan segera anak Anda akan ketergantungan dan ketagihan dengan makanan sehat yang Anda sediakan.

6. Jangan pernah memberikan hadiah berupa makanan. Ini bisa menciptakan masalah dengan berat badan di kemudian hari dan juga ketergantungan. Sebaiknya menghadiahi dengan sesuatu yang bisa bertahan lama ataupun yang bisa membuat mereka merasa bahagia seperti berjalan-jalan ke suatu tempat.

7. Selalu makan malam bersama. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang makan malam bersama orang tuanya memiliki nutrisi yang lebih baik dan lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki masalah sebagai remaja. Usahakan kebiasaan ini menjadi tradisi keluarga.

Menciptakan lingkungan yang penuh dengan makanan sehat akan membiasakan anak Anda melihat makanan-makanan sehat dan hal ini tentunya akan membiasakan anak Anda mengkonsumsi makanan yang sehat.




Tags:

Author: 

Related Posts

One Response

  1. Cara Memutihkan Kulit Secara Secara Alami dengan Mudah - PUISI CINTA CERPEN ROMANTIS KATA LUCU17 September 2014 at 19:38Reply

    […] menjadi salah satu buah atau makanan yang sehat dan lezat, ternyata biji pada buah nangka juga mengandung khasiat yang sangat baik untuk kulit […]

Leave a Reply