Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh Kita

 Info

Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh Kita – TIDUR ? bagi beberapa orang tentunya akan memberikan tanggapan dan ekspresi yang berbeda bergantung dari kondisi kebutuhan tehadap tidur tesebut. Bagi mereka yang sangat lelah, tidur bagaikan seperti surga dan suatu anugerah yang tak ternilai, dan bagi mereka yang merasa segar bugar dan sedang semangat-semangatnya untuk melakukan sesuatu yang penting pada saat itu maka tidur akan menjadi seperti suatu hal yang membosankan.

Tetapi secara kebutuhan hidup, tidur adalah satu hal yang mutlak harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Tubuh manusia normal membutuhkan sekitar 6-8 jam tidur yang sehat. Namun saat ini di kehidupan yang super sibuk telah menjadikan manusia sulit memilih dan memprioritaskan antara aktifitas harian dan kebutuhan tubuh akan tidur, pengaturan waktu normal untuk kedua kegiatan tersebut terkadang saling tertukar dan sifatnya kondisional, jam tidur yang harusnya pada waktu malam hari dan aktifitas harian pada siang hari terkadang saling tertukar dan tidak lagi melihat siang atau malamnya.

Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh Kita

Bergesernya pola waktu tidur adalah adaptasi terhadap aktifitas harian. Bukan hanya waktu tidur yang mesti diperhatikan akan tetapi kualitas tidur juga memegang peranan penting terhadap kebutuhan tubuh tersebut. Jika Anda tidak dapat tidur nyenyak selama tidur maka hal tersebut akan makin memberikan dampak yang sangat buruk terhadap tubuh utamanya kesehatan.

1. Kurang Tidur berhubungan dengan Penyakit Jantung dan Kanker

Kurang tidur atau pola tidur yang tidak benar dapat mengundang banyak penyakit seperti penyakit jantung atau bahkan mungkin penyakit yang sangat berbahaya yaitu kanker. Penelitian telah membuktikan bahwa untuk tubuh yang sehat dibutuhkan 7 sampai 9 jam tidur setiap hari. Tidur yang sehat akan membuat tubuh terasa segar saat bangun dan saat Anda beraktifitas seharian penuh. Karena kurang tidur memicu tekanan darah tinggi dan bahkan kadar kolesterol tinggi.

2. Tidur Sehat, Mengurangi stres, Mengurangi Kerutan dan Tanda-tanda Penuaan

Tidur adalah anugerah khusus untuk para wanita. Kebanyakan orang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, salah satu alasan penyebabnya adalah stres dan mungkin juga karena pola tidurnya yang tidak sehat atau karena kurang tidur. Stres adalah faktor yang mengarah ke beberapa hal terburuk seperti penyakit jantung dan bahkan beberapa penyakit mental. Stres juga membuat kulit terlihat lebih tua dan tentu saja Anda akan kehilangan pesona Anda dan bahkan jerawat dan kerutan akan bermunculan di wajah Anda! Jadi kunci untuk tetap terlihat mempesona dan lebih muda adalah Anda harus memiliki kualitas tidur yang baik dan selalu merasa bahagia.

3. Berstirahat sangat Baik untuk Kulit Anda

Patinya Anda sudah sangat sering sekali melihat flek-flek hitam wajah kebanyakan wanita dewasa dan ini tentunya terlihat tidak menarik dan sangat suram. Untuk masalah yang satu ini tentunya tidur memiliki peran yang sangat penting, mungkin saja oleh waktu tidur yang tidak benar ataupun tidur larut malam baik itu karena pekerjaan ataupun karena sulit tidur. Sebenarny kulit akan terlihat bercahaya walaupun tanpa kosmetik sekalipun apabila Anda memiliki waktu yang cukup untuk istirahat (tidur).

4. Memiliki Kualitas Tidur yang Baik akan Menurunkan Risiko Depresi

Jika Anda tidak dapat tidur dengan baik artinya Anda akan memiliki beberapa hal yang terus-menerus dipikirkan seperti Si A ini melakukan kesalahan kepada saya, Si B mengatakan sesuatu yang buruk kepada saya dan semua hal-hal yang negatif. Singkatnya Anda memikirkan semua hal-hal yang negative tersebut dalam pikiran Anda. Jadi keesokan harinya Anda akan memulai hari Anda dengan pikiran-pikiran tersebut dan apa hasilnya? Hidup Anda akan dipenuhi dengan pikiran negatif! Jadi Anda seharusnya bersiap-siap untuk tidur dengan nyenyak tanpa harus memikirkan hal-hal yang negatif untuk menghindari terjadinya depresi.

Kesimpulannya adalah Anda harus memiliki kualitas tidur yang benar, dan Anda tahu betul hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan tidur Anda dapat terganggu bukan? Uang, jabatan dan sebagainya adalah pemicu terjadinya sulit tidur, jadi pikirkanlah hal-hal positif yang dapat mendatangkan kebahagiaan bagi Anda. Kebahagiaan yang sebenarnya adalah bagaimana Anda bisa menikmati hidup ini dan abaikanlah apa yang akan orang-orang katakan. Jika Anda benar-benar menjalani hidup seperti ini maka sebagian kekhawatiran Anda akan menghilang dari pikiran Anda dan Anda akan merasakan ketenangan tanpa merasa cemas ataupun depresi. Bahkan jika Anda sedang menghadapi suatu masalah terimalah sebagai suatu tantangan dan Anda akan merasa lebih mudah untuk menyelesaikannya.




Tags:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply