Memanfaatkan Buncis Menjadi Obat Diabetes

 Kesehatan

Memanfaatkan Buncis Menjadi Obat Diabetes– Banyak sekali makanan berupa sayuran atau buah-buahan yang dipercaya bisa membantu mengatasi diabetes. Salah satunya adalah tanaman buncis. Ya, Sobat pasti tahu dengan tanaman yang satu ini. Bahkan mungkin Sobat sering mengonsumsinya setiap hari. Selain digunakan sebagai bahan masakan, tanaman buncis juga dipercaya sebagai salah satu obat diabetes.

tanaman buncis mengobati diabetes

Tanaman buncis sebagai obat diabetes menjadi salah satu obat alami yang memang dipercaya bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa kandungan B-sitosterol dan stigmasterol bisa meningkatkan produksi insulin. Insulin ini berperan dalam metabolisme glukosa yang membuat glukosa terserap oleh sel-sel tubuh. Dan ketika kadar insulin berkurang, maka metabolisme glukosa akan terganggu. Pada akhirnya tubuh akan kelebihan gula darah.

Selain diketahui mengandung dua zat yang tadi sudah dijelaskan, buncis juga diketahui mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan juga serat kasar yang bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara mengonsumsi buncis pun mudah, tidak perlu diolah terlalu rumit. Sobat bisa mengonsumsinya langsung sebagai lalapan misalnya, atau dimasukkan dalam masakan. Namun cara memasaknya pun harus benar agar kandungan gizinya tidak rusak. Dan bagi penderita diabetes, Sobat juga disarankan agar mengonsumsi buncis setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tanaman buncis sebagai obat diabetes diketahui mengandung oksalat. Dan apabila terlalu banyak dikonsumsi, justru akan menimbulkan masalah kesehatan dan menimbulkan masalah baru selain diabetes. Maka dari itu, sebaiknya Sobat juga tidak terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Selain itu sebaiknya Sobat membeli buncis yang masih segar, agar tanaman buncis sebagai obat diabetes ini manfaat dan kualitasnya adalah yang terbaik. Pilihlah buncis yang berwarna hijau cerah dan teksturnya halus. Dan jika disimpan dalam kulkas, buncis ini bisa bertahan sampai tujuh hari. Sebelum di masak cuci buncis di bawah air mengalir, potong kedua ujungnya dan jangan dimasak sampai terlalu matang.

Itu tadi adalah penjelasan tentang tanaman buncis sebagai obat diabetes. Semoga bisa menambah wawasan sobat seputar dunia kesehatan khusunya mengenai pengobatan diabetes. Simak terus informasi yang menarik dari remajaremaja.com, jangan sampai ketinggalan ya.




Tags:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply