Tips Sebelum Membuat Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

 Tips

Tips Sebelum Membuat Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan – Saat Mengundurkan diri dari peruahaan tempat kita bekerja sekarang untuk alasan apapun adalah sebuah keputusan yang sangat besar untuk dibuat. Mungkin karena kita sudah tidak lagi merasa nyaman dengan pekerjaan kita, atau karena kita ingin mengejar peluang yang lebih baik lagi, atau alasan lainnya.

Yang paling penting adalah kita resign atau mengundurkan diri tanpa meninggalkan kesan buruk pada perusahaan kita. Nah, Jika kita stuck pada situasi ini, tunggulah sampai membaca habis tips dari artikel ini sebelum membuat keputusan akhir. Sebelum kita menulis surat pengunduran diri.

Pengunduran diri dari perusahaan

 

[sociallocker]

Matangkan Dulu Rencana Sebelum Mengundurkan Diri

Langkah pertama agar pengunduran diri kita bisa lancar adalah dengan mematangkan perencanaan karir kita dulu. Ambillah waktu untuk menimbang pilihan baik dan buruknya dan pikirkanlah sebelum kita mengambil keputusan. Mintalah waktu cuti beberapa hari jika diperlukan. Gunakan waktu tersebut untuk liburan di tempat yang tenang agar kita bisa berpikir apakah meninggalkan kantor kita saat ini adalah pilihan yang tepat untuk masa depan kita.

Kenanglah pada saat dimana kita merasa lebih senang ataupun sedih selama berada dalam perusahaan kita. Canda tawa sama rekan kerja kita atau kepedulian Bos kita saat kita sakit atau terkena musibah. Pikirkanlah baik-baik kejadian mana yang meninggalkan kesan yang paling mendalam dalam diri kita. Jika kenangan menyenangkan yang lebih banyak muncul, maka jawabannya adalah lebih baik kita menahan diri untuk mengundurkan diri jika kita masih dalam keadaan ragu-ragu, karena hal ini akan mencegah kita membuat keputusan yang salah cuma karena emosi yang sementara.

Bikin Sebuah Draft Dalam Surat Pengunduran Diri kita

Tulislah salinan draft dari surat pengunduran diri yang kita akan buat, nah,draft tersebut harus juga disertai daftar dari alasan kita untuk mengundurkan diri secara mendetail . Jangan sering memikirkan apa yang terjadi di masa lalu. Fokuslah pada rencana kita kedepan dan pikirkanlah bagaimana pentingnya keputusan ini dalam membantu kita agar meraih masa depan kita.

Menulis surat pengunduran diri sebenarnya sama saja dengan kita menulis CV, tulislah beberapa daftar dan baca ulang kembali sebanyak-banyaknya apa yang telah kita tulis. Jika kita menemukan ada kata-kata dalam surat tersebut yang kurang enak untuk dibaca, edit atau tulis kembali. Jika sudah selesai Printlah surat tersebut dan berikan secara langsung kepada bos kita daripada menitipkan teman atau mengirimkannya via email, karena dengan memberikan secara langsung kita bisa dianggap lebih sopan.

Rundingkan dengan Si Bos tentang Rencana Pengunduran Diri kita

Cara yang paling gampang supaya tidak meninggalkan kesan yang buruk dengan perusahaan kita sekarang adalah dengan merencanakan waktu bicara dengan atasan kita tentang rencana pengunduran diri kita. Gunakanlah waktu ini untuk membicarakan poin-poin penting yang telah kita buat di dalam surat pengunduran diri kita dan sertakan juga alasan-alasan lain yang diperlukan.

Inga ya untuk bersikap fleksibel dan santai saja selama pembicaraan itu. Kalau Si bos meminta untuk menunda pengunduran diri kita, Lebih baik pikirkan lagi dan cobalah untuk bisa menerima permintaannya Si Bos, Itu jika kita bisa. Jika tidak bisa, berikan alasan lagi.

Hal ini dapat membantu kita untuk bisa resign dari perusahaan kita secara baik-baik dan memastikan kita untuk mendapatkan referensi positif dari Mantan Bos kita di masa depan. Dunia korporasi itu sangatlah kecil, oleh sebab itu penting sekali untuk kita meninggalkan perusahaan dengan membawa kesan yang positif karena hal ini akan sangat membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan di masa mendatang.

Jika bagian yang tersulit ini bisa terlewati dengan lancar, maka kita bisa melanjutkan langkah karir kita tanpa harus ada beban pekerjaan dari masa lalu kita. Memang sih Menulis surat pengunduran diri itu bisa jadi sangat sulit sekali, tetapi hal ini diperlukan agar masa depan karir kita dapat maju tanpa terlalu banyak meninggalkan masalah.

Itulah sedikit tips agar kita bisa mengundurkan diri tanpa adanya kesan negatif
Semoga beruntung dalam perjalanan kita!

[/sociallocker]

 

Demikianlah artikel kita hari ini tentang  Tips Sebelum Membuat Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan. Semoga bermanfaat bagi para sobat Remaja semua. Bila anda berkenan sobat juga bisa membaca artikel kita lainnya tentang 7 Tips Merayakan Hari Valentine 2013 Buat Jombloers. Selamat membaca dan salam sukses selalu.




Tags:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply