Berkenalan Dengan Colocation Sebagai Storage

Di zaman yang serba teknologi ini, tentu kamu harus mengerti mengenai hal-hal yang berbau teknologi. Agar, kamu tidak ketinggalan zaman. Apalagi jika kamu seorang pengusaha, dengan adanya teknologi tentu akan semakin menguntungkanmu. Modal yang kamu keluarkan pun bisa berkali-kali lipat lebih kecil dibandingkan jika harus melakukan segala sesuatunya secara offline.

Dalam teknologi, terdapat sebuah server yang dikenal dengan sebutan colocation. Server ini adalah suatu wadah yang juga disebut dengan rack. Fungsinya adalah untuk menyimpan data-data yang biasanya disimpan oleh pihak lain atau pihak ketiga. Maka dari itu, server ini adalah jasa dari sebuah perusahaan yang akan merawat hardware suatu perusahaan.

Lalu apa keuntungannya? Dengan menggunakan ini, pemilik perusahaan akan mendapatkan laporannya lebih cepat dibandingkan dengan mengerjakannya sendiri. Jadi, apabila ada data yang tidak sesuai dengan yang seharusnya, kamu bisa dengan cepat membenarkannya. Untuk di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang menyediakan server ini, maka dari itu kamu tidak perlu khawatir lagi akan merasa kesusahan dalam mencari jasanya. Namun, kamu harus tetap mencari jasa terbaik.

Selain colocation server, adapula yang disebut dengan dedicated server. Apa perbedaannya dengan server yang dijelaskan di atas? Dedicated server adalah sebuah layanan yang memang sudah biasa dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah besar. Tujuannya adalah untuk menyimpan data yang memang besar juga.  Karena pada perusahaan besar, sudah pasti memiliki sebuah data yang ukurannya tidak bisa dikatakan normal atau biasa.

Tidak hanya ada perbedaan di antara kedua server tersebut, melainkan juga terdapat kesamaannya. Yaitu keduanya menggunakan jasa sewa untuk sebuah server, tidak hanya server tetapi juga hardware yang digunakan personal oleh perusahaan, perorangan, maupun organisasi. Lalu, perbedaan di antara keduanya adalah tidak adanya sistem berbagi atau sharing dengan orang lain.

Kemudian, adanya server lain yaitu hosting. Untuk pengertiannya sendiri, hosting adalah suatu tempat penyimpanan juga, hanya saja menyimpan melalui website. Hal-hal yang bisa kamu bisa simpan di dalam hosting di antaranya adalah gambar, file, teks, email, aplikasi dan lain sebagainya. Yang sering dipakai oleh banyak orang untuk hosting adalah shared hosting. Maksudnya adalah sistem ini bisa dibagi kepada beberapa orang yang memang mempunyai keperluan yang sama. Yang sering menggunakannya biasanya adalah orang-orang yang memakai toko online atau blog.

Kesamaan antara hosting dengan colocation ialah sama-sama menjadi tempat berbagi tempat atau wadah. Hanya saja, tetap memiliki perbedaan di antara keduanya. Yakni pada hosting, orang-orang hanya bisa berbagi pada hal yang serupa, tidak seperti server satu lagi yang bisa digunakan dengan hal yang berbeda. Oleh sebab itu, memang selalu menjadi unggulan daripada hosting maupun dedicated server.

Ada beberapa jenis untuk server unggulan ini, di antaranya yaitu Half Rack, Full Rack, dan Per U. Namun, apa alasannya sehingga kamu harus menggunakan server ini? Yaitu bisa mengantisipasi setiap hal yang dapat membuat sistem terhambat. Server unggulan ini sangat kamu butuhkan karena kendala yang biasa diterima oleh pemilik website biasanya adalah jaringan yang tidak lancar koneksinya. Bisa juga karena listrik yang tiba-tiba padam sehingga tidak lancar koneksinya.

Ketika kamu membicarakan colocation, kamu akan bersinggungan dengan yang namanya cloud server. Ketika kamu menggunakannya untuk berbisnis, maka kamu akan mendapatkan keuntungan. Yaitu sangat efisien bagi pemakai, akses data pun mudah, menghemat biaya pula, dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan mengenai colocation server yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya. Untuk bisa mendapatkan server yang baik, kamu dapat menggunakan layanan nexdatacenter.comData Center.

Tinggalkan komentar

remajaremaja.com We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications