0

Cara Mudah Dan Aman Mengatasi Bayi Pilek dan Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Bayi Pilek – Pilek merupakan penyakit yang kerap menyerang bayi dan anak-anak. Ini karena sistem kekebalan tubuh bayi dan anak masih lemah, sehingga sangat rentan terhadap serangan penyakit.

Meskipun bukan penyakit kronis yang mematikan, akan tetapi jika dibiarkan tanpa penanganan yang khusus, pilek bisa mengganggu aktivitas bayi dalam bernafas. Jika saat ini bayi anda mengalami pilek, berikut beberapa cara mengobati bayi pilek yang bisa anda lakukan :

Cara Mudah Dan Aman Mengatasi Bayi Pilek

Cara Mudah Dan Aman Mengatasi Bayi Pilek

  1. Menggunakan minyak kayu putih

Cara mengobati bayi pilek yang sangat sederhana namun memberikan efek yang besar adalah dengan menggunakan minyak kayu putih.

Caranya yaitu dengan mengusapkan minyak kayu putih pada dada dan leher bayi. Hal tersebut bertujuan untuk menghangatkan bayi, sehingga pilek yang diderita akan segera membaik. Lakukan cara tersebut ketika si bayi menjelang tidur dan setelah selesai mandi.

  1. Memberikan uap air hangat

Saat bayi pilek, tidak jarang akan menyebabkan hidung tersebut karena lendir. Hal yang demikian akan membuat bayi sulit bernapas. Karena itu, para orang tua harus mengambil tindakan yang tepat agar hidung bayi yang tersumbat segera teratasi.

Cara mengobati bayi pilek dan hidung tersumbat yang bisa dilakukan yaitu menggunakan uap air hangat, yaitu dengan menaruh air hangat di sebuah wadah.Kemudian dekatkan pada hidung bayi, dan biarkan bayi menghirup uapnya. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat tersebut.

  1. Gunakan pakaian yang hangat

Biasanya, pilek yang dialami bayi akan menyebabkan badannya menjadi dingin. Terlebih lagi, tubuh bayi masih sangat sensitif terhadap dunia luar. Karena itu ketika bayi sedang pilek, berikan ia pakaian yang hangat. Gunakan juga topi dan kaos kaki. Cara mengobati bayi pilek ini merupakan cara yang sangat efektif dan cepat.

  1. Memberikan ASI

ASI merupakan zat gizi bayi yang sangat diperlukan oleh setiap bayi. Dengan ASI, bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu,ASI juga dapat membantu membentuk kekebalan tubuh yang baik.

Jadi ketika bayi anda mengalami pilek, berikanlah ASI secara cukup dan eksklusif. Dengan cara tersebut, maka akan membantu mempercepat penyembuhan pilek yang sedang diderita oleh bayi.

  1. Menggunakan air hangat

Bayi yang sedang terkena pilek akan susah bernapas, untuk dapat membantunya bernafas, anda bisa memberikannya air hangat. Air hangat dapat membantu melonggarkan napas bayi yang sedang tidak lancar.

Cara mengobati bayi pilek ini cukup dengan memberikan satu sampai dua sendok teh air hangat setelah bayi minum ASI. Cara tersebut sangat efektif untuk membantu meredakan pilek yang sedang diderita.

  1. Pengobatan medis

Jika dengan melakukan beberapa cara mengobati bayi pilek di atas namun pilek tak kunjung sembuh, maka langkah terbaik yang bisa anda lakukan yaitu dengan memeriksakannya ke dokter spesialis anak atau Puskesmas. Dengan demikian, bayi anda akan segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikianlah beberapa cara mengatasi pilek pada bayi secara alami dan cepat yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Remaja Remaja dot Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.