Gigi Ngilu Bisa Disebabkan Hal-Hal Ini, Ketahui Cara Mengatasinya

Meskipun tampak sederhana, tetapi gigi ngilu adalah masalah yang cukup mengganggu. Terlebih jika Anda adalah tipe yang suka makan makanan manis dan asam.Gigi yang ngilu terkadang bahkan terasa berdenyut meskipun Anda tidak mengonsumsi apa-apa. Hal tersebut selain mengganggu nafsu makan juga mengganggu pekerjaan sehari-hari. Namun, sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah, dan penanganan untuk ke dokter juga tidak begitu rumit.

Gigi Ngilu

Mengapa gigi bisa ngilu?

Gigi ngilu memiliki penyebab yang macam-macam. Akan tetapi, intinya masalah ngilu ini disebabkan dari lapisan dentin. Apa itu lapisan dentin?

Pada dasarnya, gigi manusia terbagi menjadi lapisan luar dan dalam. Lapisan paling luar adalah email, pada lapisan ini akar gigi disebut sebagai sementum. Kemudian ada lapisan paling dalam yang disebut sebagai dentin. Ketika dentin ini terpapar lingkungan luar atau terbuka, saraf-saraf pada dentin akan bereaksi dengan cepat. Inilah mengapa, ketika Anda meminum minuman dingin atau panas, langsung mengenai serabut saraf dentin dan akhirnya gigi terasa ngilu.

Namun, mengapa lapisan dentin ini bisa terbuka?

Ternyata beberapa aktivitas yang kita lakukan sehari-hari bisa memicu terbukanya dentin dan akhirnya mengalami gigi ngilu. Beberapa aktivitas tersebut antara lain adalah kegemaran memakan makanan asam, seperti kiwi, lemon, acar, dan lain sebagainya. Makanan asam sangat mudah untuk membuat lapisan gigi terkikis, dan akhirnya memicu gigi ngilu.

Tidak heran jika seseorang yang memiliki penyakit asam lambung seperti maag, juga mudah mendapatkan gigi ngilu. Hal ini karena asam dari lambung bisa sampai ke gigi dan merusak lapisannya. Bagi Anda yang gemar memuntahkan makanan juga bisa memicu hal ini.

Penyebab lainnya dari gigi ngilu adalah karena adanya lubang gigi, menggosok gigi terlalu kasar dan keras, gusi yang surut, atau bisa juga karena penyakit gusi. Anda yang sering menggeretakkan gigi entah sengaja atau hanya dalam tidur, juga berisiko mengalami gigi ngilu.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Apabila Anda adalah salah satu yang mengalami gigi ngilu, cobalah melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya.

Pertama, cobalah untuk menyikat gigi dengan benar, jangan menggosok terlalu keras dan jangan terlalu sering gosok gigi. Sehari dua atau tiga kali sudah cukup. Selain itu, hindari langsung menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan asam atau manis. Makanan yang mengandung zat asam jika langsung digosok menggunakan pasta gigi akan mudah merusak email. Tunggulah setelah 30 menit sampai 1 jam baru menggosok gigi.

Jangan lupa untuk selalu mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali, dan pakailah sikat dengan bulu sikat halus. Selain itu, pakailah pasta gigi khusus yang mengandung fluoride. Beberapa pasta gigi menjual khusus untuk gigi sensitif.

Jika gigi ngilu Anda sampai benar-benar mengganggu dan dalam waktu yang panjang, ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter. Beberapa penanganan yang dilakukan dokter antara lain adalah penebalan atau pengikatan menggunakan resin. Ada juga kasus yang mengharuskan untuk melakukan bedah gusi. Biasanya, lapisan gusi yang hilang bisa ditambal dengan mengambil jaringan gusi dari tempat lainnya.

Gigi yang memerlukan perawatan lebih dalam bisa juga dilakukan prosedur saluran akar, yakni mengobati masalah pulpa gigi untuk menghilangkan gigi ngilu atau sensitif.

Namun, yang paling penting adalah menjaga makanan dan minuman Anda. Apabila memiliki masalah gigi ngilu, sebaiknya menghindari makanan yang terlalu asam atau terlalu manis.Suhu makanan dan minuman juga sebaiknya tidak terlalu dingin atau panas.

Tinggalkan komentar

remajaremaja.com We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications