0

Menu MPASI(Makanan Pendukung ASI) Untuk Bayi 6 Bulan

Saat bayi sudah berusia 6 buah, sudah saatnya ia mendapatkan makanan pendamping ASI. Ini agar bayi bisa mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan juga perkembangannya. Bagi anda yang masih bingung menentukan menu MPASI untuk bayi 6 bulan, berikut adalah beberapa menu yang bisa anda buat sendiri di rumah :

Menu MPASI

  1. Buah pisang

Buah pisang merupakan buah yang sangat cocok dan dianjurkan sebagai menu MPASI untuk bayi 6 bulan.Ini karena pisang mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Selain itu buah pisang juga memiliki tekstur yang lunak, sehingga sangat baik untuk pencernaan bayi. Anda dapat memberikan buah pisang untuk si bayi sebagai menu camilan setelah makan siang.

  1. Gandum

Kandungan serat yang cukup banyak pada gandum sangat baik jika digunakan sebagai menu MPASI untuk bayi 6 bulan. Gandum dapat diolah ke berbagai makanan, seperti bubur, roti, dan masih banyak lagi. Gandum juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan bayi.

  1. Buah pepaya

Buah pepaya juga sangat baik untuk dikonsumsi bayi.Buah pepaya dapat dijadikan menu MPASI untuk bayi 6 bulanberupa bubur yang sehat dan mengandung banyak gizi. Untuk membuatnya, anda dapat menyiapkan buah pepaya yang telah matang kemudianmenghaluskannya menggunakan blender. Buah pepaya mengandung serat serta berbagai vitamin yang sangat baik untuk bayi.

  1. Ikan dan daging

Ikan dan daging merupakan bahan makanan yang mengandung protein sangat tinggi, serta sangat diperlukan bayi dalam proses pertumbuhan. Ikan dan daging sangat dianjurkan untuk dimasukkan dalam menu MPASI untuk bayi 6 bulan.Untuk mempermudah dalam mengonsumsinya, ikan dan daging dapat dihancurkan terlebih dahulu menggunakan blender.Kemudian digunakan sebagai tambahan dalam membuat bubur. Dengan begitu protein yang tinggi telah bayi dapatkan dari ikan dan juga daging.

  1. Sayuran

Sayuran juga sangat penting untuk tubuh bayi, terutama bagi bayi yang baru belajar makan.Sayuran yang sangat cocok untuk dijadikan menu MPASI untuk bayi 6 bulanyaitu seperti bayam, wortel, seledri, kentang, dan brokoli. Untuk mempermudah bayi dalam mengonsumsinya, sayuran tersebut di blender langsung anda berikan kepada batu, atau dapat juga menjadi tambahan dalam membuat bubur.

  1. Pudding

Pudding merupakan makanan bergizi dan berserat tinggi yang juga dapat digunakan sebagai menu MPASI untuk bayi 6 bulan. Pudding memiliki banyak nutrisi karena terbuat dari susu dan juga buah-buahan yang segar. Serat yang terkandung di dalam pudding bisa menjaga kesehatan pencernaan si bayi. Anda dapat membuat pudding sendiri di rumah dengan menggunakan berbagai macam buah segar. Dijamin bayi anda akan menyukainya. Yang perlu diingat adalah, jangan menambahkan gula ke dalam pudding tersebut, anda bisa menggantinya menggunakan madu agar lebih sehat.

Demikianlah beberapa menu MPASI untuk bayi 6 bulan yang bisa diberikan kepada bayi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Remaja Remaja dot Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.